Sabtu, 06 Oktober 2012

Posted by Unknown Posted on 12.49 | 2 comments

CARA MEMBUAT KEJU RUMAHAN



Keju merupakan makanan turunan dari susu sapi. Makanan olahan susu sapi ini tidak saja kaya akan protein dan kalsium, namun juga mengandung beberapa mineral dan vitamin lainnya. Terdapat beragam macam jenis keju tergantung pada jenis susu yang digunakan untuk membuat keju, kadar air yang terkandung dalam keju, cara membuat keju dan pemeraman keju. Berdasarkan kadar air yang terkandung, keju terdiri dari dua jenis yaitu keju lunak dan keju keras. Kadar air dalam keju lunak sekitar 40-75% sedangkan keju keras memiliki kadar air sekitar 30-40%. Sedangkan keju yang bayak beredar di pasaran adalah jenis keju Mozarella dan Parmesan khas Itali, keju Cheddar khas Inggris, keju Edam khas Belanda dan lain-lain.

Cara membuat keju homemade atau rumahan sangat mudah. Berikut bahan-bahan yang Anda butuhkan:

ü  2 cangkir susu sapi segar
ü  10 sendok teh jeruk lemon atau jeruk nipis
ü  Garam (optional)
ü  Minyak
ü  Lada
ü  Margarin atau mentega
ü  Gula

1.      Pertama-tama, tuanglah susu sapi segar ke dalam panci stainless (tahan karat).

2.      Tambahkan lada, margarin/mentega dan gula. 

3.    Masaklah susu dengan api kecil sambil diaduk perlahan agar susu tidak gosong. Susu dimasak untuk untuk menghilangkan bakteri pathogen.

4.      Setelah mendidih, matikan api dan diamkan susu sampai hangat.

5.      Masukkan air jeruk lemon. Proses pengasaman susu dilakukan dengan menambahkan air perasan jeruk lemon/jeruk nipis, asam tartrat, cuka atau bakteri Streptococcus lactis. Bakteri Streptococcus lactis akan memfermentasi susu dengan mengubah lakstosa dalam susu menjadi asam laktat.

6.      Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis akan membuat susu menjadi dua bagian yaitu bagian yang padat (curd atau kepala susu) dan bagian yang cair (whey). Aduklah susu sekitar 5 sampai 10 menit.


7.  Saringlah susu untuk memisahkan bagian curd dengan whey. Bagian kepala susu inilah yang menjadi keju. Pastikan untuk memeras cairan di dalam kepala susu untuk menghilangkan sisa cairan. Beberapa orang menambahkan potongan buah-buahan, pewarna makanan, biji-bijian dan herba ke dalam curd.
8.  Tambahkan garam jika diperlukan. Tujuan dari penambahan garam adalah sebagai bahan pengawet agar keju tidak cepat rusak dan untuk menurunkan kandungan air.
9.   Letakkan keju dalam cetakan dan diamkan. Tahap terakhir dalam proses cara membuat keju adalah pemeraman atau pematangan keju akan menghasilkan berbagai macam kualitas keju. Tergantung pada temperatur ruangan tempat pemeraman, kelembaban udara dan lainnya. Beberapa jenis keju dilakukan proses pemeraman sampai beberapa waktu tertentu dan menghasilkan keju dengan rasa, aroma dan tekstur yang khas.


Referensi:
2.       http://lordbroken.wordpress.com/2010/07/23/proses-pembuatan-keju/
Categories:

2 komentar:

  1. Hloo... Mbak
    tlg ty ya.. Penambahan cuka apa jg 10sdm?
    cr pengeringan terbaik produk curd dgn apa?
    Diperas biasa terusmenerus ato gmn?
    Thuu

    BalasHapus
  2. Worth to try... Itu sekira berapa lama jadinya keju masak?

    BalasHapus

Komen yuuuk