Senin, 10 Desember 2012

Posted by Unknown Posted on 18.00 | No comments

Pilih mana: Geisha atau Guy-sha?



Pasti istilah Geisha sudah tidak asing lagi di telinga Anda? Ya, geisha adalah seniman wanita penghibur (entertainer) Jepang. Mereka diharuskan mempelajari seluruh kesenian tradisonal Jepang dan seni menghibur. Namun ternyata, geisha tidak lagi menjadi milik kaum wanita saja. Yuk kenalan dengan Eitaro, Guy-sha (geisha pria) satu-satunya di Jepang.

 Odditycentral.com


Eitaro mulai berkecimpung di dunia geisha setelah ibunya meninggal karena kanker. Sang ibu dulunya mengabdikan hidupnya sebagai geisha. Ia mewariskan sebuah rumah geisha dan 7 orang geisha kepada Eitaro dan kakak perempuannya. Eitaro telah mempelajari tarian tradisional sejak berumur 8 tahun. Pada umur 10 tahun, ia tampil sebagai penari wanita pada salah satu pesta geisha ibunya. Lalu saat berumur 11 tahun, Eitaro muncul di pentas Teater Nasional Jepang. 

Walaupun terlahir sebagai pria, Eitaro tidak canggung dalam memainkan perannya sebagai Geisha (baca: Guy-sha). Sepertinya darah geisha ibunya mengalir pula dalam dirinya, sehingga perbedaan gender tidak membuatnya ragu untuk mengikuti jejak ibunya. Ibu Eitaro adalah seorang geisha yang sangat terampil dan kharismatik. Ia mengabdikan dirinya untuk membangkitkan budaya geisha di Tokyo setelah rumah geisha terakhir gulung tikar pada tahun 1980-an.

  Odditycentral.com

Eitaro kecil dan saudara perempuannya, Maika, tumbuh besar dalam lingkungan geisha. Penampilan ibu mereka yang elegan sangat membuat mereka terpesona. Sampai 3 tahun yang lalu, saat ibu mereka harus menyerah melawan penyakit kanker. Mereka berdua, Eitaro dan Maika, menyadari tanggung jawab mereka untuk meneruskan warisan sang ibu. Kini, Eitaro merupakan pemilik Okiya (rumah geisha) ternama di distrik pelabuhan Omori, Tokyo. Bersama saudara perempuannya, Maika, Eitaro dan tujuh orang geisha dari Okiya miliknya menghibur para pelanggan dalam setiap pesta yang dihadiri geisha.

  NewsonJapan.com

Dalam pesta-pesta tersebut, ada beberapa geisha pria lainnya yang berpakaian dalam kimono pria. Tugas mereka adalah membantu para geisha dengan berperan sebagai pemukul drum dan bernyanyi. Berbeda dengan Eitaro, tugasnya sama dengan para geisha wanita. Fenomena yang unik ini melesatkan popularitas Eitaro dan Okiya miliknya. Sampai sekarang, Eitaro dan para geisha asuhannya tampil menghibur secara teratur dalam pesta-pesta geisha tertutup,  pertujukan publik dan acara-acara lainnya.

Referensi:

Categories: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yuuuk