Sabtu, 06 Oktober 2012

Posted by Unknown Posted on 15.03 | No comments

CARA MEMBUAT CIRENG? MUDAH LHO





Secara etimologis, cireng berasal dari bahasa Sunda yaitu aci goreng, yang berarti tepung kanji goreng.. Variasi cireng sendiri telah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Terbukti dengan bermunculan beberapa varian baru cireng misalnya cireng isi ayam, sapi, sosis, bakso, keju dan lainnya. Banyak orang mulai berkecimpung di bisnis cireng terlebih lagi karena cara membuat cireng sangat mudah. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan:
·        200 gram tepung tapioka
·        50 gram tepung terigu
·        1 batang daun bawang (diiris tipis)
·        1 sendok teh garam
·        2 siung bawang putih (dihaluskan)
·        50 ml santan kental
·        75 ml air matang
·        Minyak untuk menggoreng
Haluskan:
·        2 buah cabai merah
·        1 siung bawang putih

Bahan isi cireng:
·        2 buah sosis ayam/sapi (dipotong kecil)
·        ½ bawang bombai (dicincang halus)
·        2 sendok makan saus tomat
·        ½ sendok teh garam
·        ½ sendok teh gula pasir
·        Minyak untuk menggoreng


Cara membuat cireng:
1.      Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang dan garam secara merata.

2.      Tumislah bawang putih sampai berbau harum, lalu masukkan air serta santan kelapa. Biarkan mendidih. Matikan api.

3.      Campurkan air yang telah didihkan tadi ke dalam adonan tepung. Aduk rata. Jangan biarkan adonan menjadi dingin, uleni sampai kalis.

4.      Untuk isi: tumis semua bumbu halus dan bawang bombai hingga harum dan matang. Masukkan potongan-potongan sosis. Aduk rata.



5.      Masukkan garam, gula dan saus tomat dan masak hingga matang.

6.      Giling adonan cireng hingga tipis lalu masukkan bahan isi dan tutup dengan adonan cireng yang telah ditipiskan lainnya. Goreng hingga coklat keemasan. Cireng siap disajikan.

Agar tidak kesulitan membentuk cireng, tambahkan 25% tepung terigu ke dalam tepung tapioka. Campurlah kedua tepung tersebut dengan cara diayak. Kemudian campurkan bumbu-bumbu secara merata. Taruhlah bahan adonan cireng di atas wadah. Siramkan air yang telah didihkan ke bahan adonan sedikit demi sedikit, sisakan setengah bahan adonan kering. Aduk rata. Uleni seluruh adonan dengan tangan sampai kalis. Kemudian bentuklah sesuai keinginan. Jika ingin memberi isi pada adonan cireng, giling tipis adonan kemuadian masukkan isi ke bagian tengah. Lalu tutup dengan adonan cireng lain yang telah digiling tipis juga.
Saat menggoreng adonan cireng, biasanya cireng akan meledak di penggorengan. Cipratan minyak panas dapat dihindari dengan memasukkan cireng mentah saat minyak belum terlalu panas. Jangan menggoreng cireng dengan api besar, cukup dengan api kecil selama 4-5 menit. Cara membuat cireng tidak sulit, bukan?



Referensi:
3.       http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20111125155916AA5RSUh
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yuuuk