Sabtu, 06 Oktober 2012

Posted by Unknown Posted on 14.53 | No comments

KREASI DAPUR BUNDA: CARA MEMBUAT NUGGET PELANGI




Nugget adalah makanan favorit banyak orang. Biasanya terbuat dari potongan daging ayam. Sebenarnya, nugget termasuk makanan yang tidak sehat karena rendah serat dan memiliki kadar lemak yang tinggi. Agar nutrisi terpenuhi, variasikan bahan pembuat nugget dengan tambahan sayuran seperti paprika, bayam, brokoli, wortel, kacang-kacangan dan lainnya. Nugget vegetarian biasanya memakai kacang kedelai sebagai pengganti daging ayam. Daging ayam dapat diganti tempe, tahu, daging ikan, udang atau mi. Anda dapat menyajikan nugget tersebut dengan saus tomat, saus cabai dan saus mayonnaise buatan sendiri. Berikut ini adalah cara membuat nugget pelangi yang terdiri dari sayuran yang sehat dan lezat.


Bahan-bahan yang dibutuhkan:
·        500 gram daging ayam giling (disarankan dada ayam).
·        100 gram brokoli (disiangi lalu dikukus).
·        100 gram bit (dikukus).
·        100 gram labu parang atau kabocha (labu Jepang). Dikukus.
·        200 gram keju (diparut).
·        300 gram tepug roti.
·        2 butir telur ayam.
·        3 sendok tepung sagu
·        2 siung bawang putih (haluskan).
·        Lada/merica bubuk secukupnya.
·        Putih telur dari dua buah telur ayam (dikocok).
·        Minyak untuk menumis.


1.      Campurlah daging giling, tepung sagu, 2 butir telur (kuning dan putihnya), bawang putih, keju parut dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. Kemudian bagilah menjadi 3 bagian dan tempatkan pada wadah terpisah. 

2.      Haluskan sayuran yang telah dikukus yaitu brokoli, bit dan labu secara terpisah. Mengukus sayuran lebih baik daripada merebus agar kandungan nutrisinya tidak hilang.
3.      Siapkan panci pengukus atau dandang untuk mengukus.  Siapkan wadah kaca atau wadah stainless yang telah diolesi minyak agar tidak lengket.
4.      Campurlah sayuran kukus dengan bagian adonan ayam yang telah dipisahkan menjadi 3 bagian. Bagian ayam 1 dicampur dengan brokoli menghasilkan warna hijau, bagian ayam 2 dicampur dengan bit menghasilkan warna ungu dan bagian ayam 3 dicampur dengan labu parang menghasilkan warna kuning.
5.      Masukkan adonan 3 warna ke dalam wadah kaca secara selang-seling sehingga menghasilkan 3 lapisan warna.
6.      Kukus selama 20 sampai 30 menit. Setela matang dinginkan kemudian dipotong-potong. Anda dapat menggunakan cetakan kue untuk membuat aneka bentuk nugget.
7.      Celupkan potongan nugget ke dalam putih telur yang telah dikocok. Gulingkan dalam tepung roti.
8.       Nugget dapat langsung digoreng atau disimpan di freezer.

Nugget pelangi rumahan ini terdiri dari sayuran yang bermanfaat bagi tubuh. Sebagai ganti penyedap rasa, ditambahkan keju pada adonan untuk menimbulkan rasa gurih. Cara membuat nugget ini pun tidak sulit dan semua bahan bakunya mudah didapat. Selamt mencoba.


Referensi:
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komen yuuuk